Senin, 11 Februari 2008

PERCOBAAN 12
INTERFACE KE KEYBOARD PC PS/2


TUJUAN
1. Mahasiswa memahami rangkaian interface keyboard PC PS/2
2. Mahasiswa memahami bahasa pemrograman assembly pengambilan data keyboard PC
3. Mahasiswa dapat menampilan data keyboard PC ke berbagai macam display antara lain, LCD Karakter dan 7 Segmen

TEORI
Antarmuka keyboard standard adalah hubungan komunikasi serial. “Serial” yang menandakan bahwa data dikirim satu bit pada suatu waktu tertentu pada satu jalur tunggal. Serial komunikasi dipilih untuk antara muka keyboard karena hal ini simple dan mudah diterapkan, dan tidak banyak data per detik yang harus dikirimkan pada antar muka keyboard.
Ada empat jalur yang menghubungkan keyboard dan PC. Dua dari ini adalah power supply dan ground, yang digunakan untuk memberikan daya ke rangkaian keyboard. Dua sinyal yang lain adalah sebagai berikut:
1. Data Keyboard: Disinilah jalur bit-bit data dan perintah yang akan dikirimkan ke sistem PC dari keyboard.
2. Clock Keyboard: Ini merupakan sinyal clock regular, dengan suatu nilai yang berosilasi dari logika “1” ke “0” dengan pola yang teratur. Tujuan dari sinyal clock ini adalah untuk mensinkronisasi keyboard dan sistem, sehingga merekan selalu bekerja secara bersamaan.
Keyboard PC AT yang terkoneksi, hanya menggunakan empat buah kabel, kabel ini ditunjukkan pada gambar dibawah, untuk 5 pin DIM dan PS/2.


5 PIN DIN
(a)
1.KBD Clock
2.KBD Data
3.N/C
4.GND
5. +5V (VCC)

6 PIN DIN
(b)
1. KBD Clock
2. GND
3. KBD Data
4. N/C
5. +5V (VCC)
6. N/C

Gambar 12.1. Keyboard konektor (a) XT (b) PS/2

Diagram dibawah ini menunjukkan kode scan yang menandai tombol individu. Kode scan ditunjukkan pada bagian bawah dari tombol. Contoh kode scan untuk tombol ESC adalah 76. Semua kode scan ditunjukkan dalam Hex.

Gambar 12.2. Peta data keyboard PC

Sebagaimana yang anda lihat, kode scan ditandai dengan kode yang random. Pada beberapa kasus, cara yang paling mudah untuk menerjemahkan kode scan ke ASCII adalah dengan menggunakan metode look up table.
Transmisi data, dari keyboard ke sistem, dilakukan dengan frame 11 bit. Bit pertama adalah bit start ( logika 0 ), diikuti dengan 8 bit data ( LSB first ), satau bit paristas ( paritas ganjil ) dan bit stop ( logika 1 ). Setiap bit harus dibaca pada sisi turun dari clock.


Gambar 12.3. Sinyal clock dan data

Gambar 12.4 Interface rangkaian keyboard PC PS/2

Gambar 12.5. Rangkaian interface LCD karakter 2x16

NEXT

Tidak ada komentar: